Nature

Nature
Hamparan yang indah

Monday, October 15, 2012

Gerak Lurus Berubah Beraturan



Gerak Lurus Berubah Beraturan

Pernahkah diantara kita mengendarai sepeda menuruni tanjangan?atau pernahkah diantara kita mengendarai sepeda menaiki tanjakan?Apa yang terjadi dengan kecepatan sepeda kita?. Sepeda akan bergerak lebih cepat saat menuruni tanjakan begitu juga sebaliknya sepeda akan lebih lambat saat menaiki tanjakan. Sebenarnya apa yang terjadi sehingga sepeda dapat melaju lebih cepat saat menuruni tanjakan  dan apa yang terjadi sehingga sepeda makin lambat saat menaiki tanjakan?Mengapa sepeda dapat melaju lebih cepat dan lebih lambat?
Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) diartikan sebagai gerak benda dalam lintasan lurus dengan percepatan konstan. Yang dimaksudkan dengan percepatan tetap adalah perubahan kecepatan gerak benda berlangsung tetap dari waktu ke waktu. Perubahan kecepatan dapat berarti bertambah besar atau bertambah kecil nilainya. Pengurangan kecepatan terjadi saat benda yang bergerak semakin lama semakin kecil kecepatannya, maka benda dikatakan mengalami perlambatan, jika besar perubahan kecepatannya tetap maka benda dikatakan mengalami perlambatan atau percepatan negatif. Begitu juga sebaliknya Penambahan kecepatan terjadi saat benda yang bergerak semakin lama semakin besar kecepatannya, maka benda dikatakan mengalami percepatan positif.
Sebelumnya dalam pembahasan diawal kita telah mengenal tentang konsep percepatan baik itu percepatan sesaat maupun percepatan rata-rata. Dalam gerak lurus berubah beraturan benda mengalami percepatan konstan sedangkan dalam gerak lurus beraturan kecepatan benda konstan. Dengan besar percepatan yang konstan setiap waktunya maka percepatan sesaat benda sama dengan percepatan rata-ratanya

No comments:

Post a Comment